Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Pelaksanaan Penyiapan Badan Jalan

Penyiapan badan jalan pada pekerjaan pelebaran jalan meliputi pekerjaan pembersihan, pembentukan tanah dasar agar elevasinya sesuai degan yang ditunjukkan gambar rencana atau sesuai dengan petunjuk direksi pekerjaan, dan termasuk pekerjaan pemadatan tanah dasar. 

Berikut adalah tahapan pekerjaan penyiapan badan jalan:

Tahapan pekerjaan penyiapan badan jalan yaitu:

  • Pembersihan lokasi pekerjaan dari material yang dapat mengganggu pekerjaan seperti semak-semak, pepohonan, batu besar, dan material lainnya.
  • Pekerjaan galian yang diperlukan baik dengan menggunakan alat berat seperti excavator maupun dengan cara manual untuk membentuk tanah dasar sesuai Gambar atau sesuai dengan petunjuk Direksi Pekerjaan
Lihat juga : Metode pelaksanaan galian pelebaran badan jalan


  • Pemadatan  Tanah dasar dilakukan dengan menggunakan alat vibratory roller atau menggunakan COMBINATION VIBRATORY ROLLER pada daerah pelebaran yg tidak terlalu luas atau tidak memungkinkan pengunaan vibratory roller.
penyiapan badan jalan
Pemadatan Tanah Dasar
Hal hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pemadatan adalah:

  1. Pemadatan dilakukan segera setelah dilakukan penggalian.
  2. Pemadatan harus dilakukan dengan menggunakan alat yang memadai agar kepadatan yang diinginkan dapat tercapai
  3. Apabila diperlukan lakukan penyiraman terhadap material tanah dasar Untuk mencapai kadar air optimum sehingga didapatkan kepadatan yang sesuai dengan spesifikasi.
  4. Kecepatan alat harus diperhatikan agar tidak membahayakan pengguna jalan eksisting. 

2 komentar untuk "Metode Pelaksanaan Penyiapan Badan Jalan"

Unknown 17 Desember, 2021 17:04 Hapus Komentar
jalan krikil yang telah terbentuk kemudian dinaikan elevasinya (ditibun menggunakan urugan yang sama pada jalan lama) apakah penyiapan badan jalan harus dibayarkan?
mohon penjelasan dan reverensinya. terima kasih
fakhli 19 Desember, 2021 10:29 Hapus Komentar
menurut saya secara pribadi pekerjaan penyiapan badan jalan tersebut dapat dibayarkan. Sebagai referensi silahkan anda lihat di spesifikasi umum tahun 2010 (revisi 3) untuk pekerjaan penyiapan badan jalan